- Judul
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN
SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG 01 TERHADAP PELAJARAN IPA DENGAN MATERI CIRI-CIRI KHUSUS PADA
TUMBUHAN DENGAN MENERAPKAN METODE DISKUSI.
- Latar
Belakang Masalah
Dalam tatanan
masyarakat yang sedang membangun dan mengalami repormasi diberbagai bidang
kehidupan. Mengkaji masalah pendidikan merupakan topik yang menarik dan aktual.
Hal ini pendidikan
merupakan integral dari pembangunan negara Indonesia. Dalam rangka
meninngkatkan kualitas pendidikan di mata dunia untuk itu guru perlu
menciptakan suasana belajar yang banyak melibatkan anak sehingga anak mengalami
sendiri proses belajar.
Untuk mengatasi
masalah ini salah satunya adalah dengan cara diskusi sehingga dapat merangsang
dan menciptakan kemampuan belajar siswa secarqa langsung pada anak dalam
mengeluarkan pendapat atau gagasan yang baik. Dengan metode diskusi sangat
efektif dalam mengaktifkan siswa dalam belajar tentang penggolongan hewan
bersasarkan jenis makanannya.
- Rumusan
Masalah
- Bagaimanakah
proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan
pemahaman siswa dalam memahami materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan?
- Apakah kemampuan
siswa setelah menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman
siswa dalam memahami materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan?.
- Tujuan
Penelitian
Sasaran utama yang
diharapkan dari tujuan kegiatan penelitian guru di dalam kelasnya adalah:
- Untuk memahami
proses belajar dengan menggunakan metode diskusi terhadap materi
menggolongkan makhluk/hewan berdasarkan jenis makanannya di Kelas VI SD
Negeri Malangbong 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.
- Untuk
meningkatkan pemahaman siswa dalam materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan
di Kelas VI SD Negeri Malangbong 01 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.
- Manfaat
Penelitian
Manfaat yang diharapkan setelah guru
mengadakan penelitian dikelasnya adalah:
- Bagi Siswa
Dapat mencipatakan suasana belajar
secara aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan pemahaman
siswa dalam proses pembelajaran.
- Bagi Guru
Dapat meningkatkan pengalaman langsung
kepada guru Kelas VI untuk memecahkan masalah secara terencana di dalam kelas.
- Bagi Sekolah
Memberi masukan atau ide pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas sekolah agar tercipta lulusan yang berkualitas
sehingga sekolah mencapat kepercayaan dari masyarakat.
- Kajian Pustaka
- Kajian Teori
Pembelajaran yang dilaksanakan selama
ini dengan menggunakan ceramah sangatlah membosankan cenderung monoton, kurang
membangkitkan gairah belajar siswa sehingga pembelajaran mudah terlupakan.
Pembelajarn KBM diperoleh atas rencana
pembelajarn dan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang baik tidak hanya
dirancang untuk diaflikasikan dalam bentuk aksi mengajar guru, namun dirancang
agar tercipata interaksi antara guru dan siswa yang memuat prilaku resiprokal
antara guru dengan peserta didik bahkan antara siswa dengan media alat peraga.
Untuk itu diperlukan metode dan model
pembelajaran yang sesuai dengan situasi kelas yang dihasilkan dari kerja sama
antara guru dan siswa. Metode yang paling tepat adalah metode diskusi.
- Kerangka
Berpikir
Berdasarkan uraian di atas diduga
dalam mengajarkan materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan dengan metode ceramah
saja kurang dipahami siswa. Siswa kurang aktif dan tidak mendapatkan
pembelajaran dari materi tersesbut. Tetapi dengan metode diskusi pemahaman
siswa semakin mendalam.
Dari uraian di atas diduga bahwa
pencapaian metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa serta kemampuan
siswa Kelas VI SDN Malangbong 01 tentang materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan.
- Hipotesis
Tindakan/Pertanyaan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas maka
hipotesis tindakan penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran dengan metode
diskusi mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa, terutama dalam memahami
materi Ciri-ciri khusus pada tumbuhan.
Selengkapnya kirim email ke : ginacomp.74@gmail.com