|
Perangkat pembelajaran kali ini mengetengahkan tentang laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) untuk melaksanakan tugas mata kuliah PKP Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
LAPORAN PKP UT ini merupakan laporan akhir salah satu mata kuliah di Universitas Terbuka dengan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang dalam hal ini Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi yang khusus mencetak tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin kompleks.
Laporan PKP yang saat ini saya utarakan laporannya mengenai penelitian berdasarkan hasil observasi berdasarkan pada rencana tindakan sebagai langkah awal untuk mengetahui mata pelajaran apa yang sangat rendah dan kurang dalam memperoleh nilai yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Contoh filenya dapat diunduh disini
Penelitian ini sebagai refleksi awal dari kurangnya nilai yang diperoleh siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas empat dengan materi menentukan faktor persekutuan dua bilangan. Siswa banyak yang kurang memahami materi tersebut. Bahkan ada siswa yang sama sekali nilainya berada di bawah KKM. Sehingga setelah berdiskusi dengan teman sejawat, maka penulis memutuskan untuk mengadakan perbaikan pembelajaran untuk materi ini.
Setelah menentukan objek yang akan diteliti selanjutnya penulis berfikir kira-kira langkah apa yang tepat sebagai jawaban dari permasalahan yang terjadi terhadap mata pelajaran matematika tentang menentukan faktor persekutuan dua bilangan ini. Kemudian dengan berbagai pemetaan dan rencana tindakan pembelajaran serta pertimbangan yang sangat mudah untuk dipraktikan dalam proses pembelajaran akhirnya penulis mendapat langkah yang dianggap sangat tepat.
Laporan PKP UT akhirnya mulai penulis fokuskan dalam rumusan permasalahan, bahwa
Apakah penggunaan metode kerja kelompok dengan media interaktif dapat meningkatkan pencapaian ketuntasan belajar dan aktivitas diskusi siswa pada pembelajaran matematika topik menentukan faktor persekutuan dua bilangan kelas IV SD?
Dipilihnya metode kerja kelompok karena metode ini banyak sekali manfaatnya dan sangat mudah untuk dilakukan di dalam kelas terutama untuk menambah variasi belajar secara aktif. Dengan berdiskusi diharapkan siswa lebih bersemangat untuk belajar matematika dan tidak malu untuk bertanya. Disamping itu metode diskusi akan melatih siswa berpendapat secara bebas dan aktif dengan tetap berada di bawah bimbingan guru.
Metode Kerja Kelompok ini akan dipadu dengan media interaktif yang semakin menambah gairah belajar peserta didik di dalam kelas dalam pencapaian ketuntasan belajar dan aktivitas siswa dalam meraih prestasi lebih baik.
Kerja kelompok dan penggunaan media interaktif selanjutnya akan lakukan pada saat diskusi dengan pembagian kelompok kecil menjadi lima orang siswa setiap kelompoknya, diskusi diharapkan akan memperkuat karakteristik pembelajaran siswa dengan karakter bertanggungjawab, kepemimpinan, nilai kejujuran, relilgius yang lebih ditekankan untuk memperkuat karakter pembelajaran itu sendiri.
Laporan PKP UT mata pelajaran matematika tentang menentukan faktor persekutuan dua bilangan di kelas 4 ini dilakukan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Masing-masing sebagai bahan penguji apakah berhasil atau tidaknya setiap siklus ini ada lembar observasi.
Lembar observasi ini terdiri dari dua form yaitu untuk guru dan satu lagi untuk siswa. Dari lembar observasi nantinya akan dikaji dan dijadikan sebagai bahan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Apakah perlu diadakan tindakan selanjutnya yang muaranya pada perbaikan pembelajaran siklus selanjutnya. Dan setelah dilakukan observasi kemudian melakukan refleksi terhadap kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I ternyata untuk penelitian PKP ini hanya dilakukan dua siklus saja.
Hal ini berdasarkan hasil akhir siswa setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus II ternyata hampir 90% siswa mampu menguasai materi dengan perolehan nilai di atas KKM.
Walaupun masih ada kekurangan namun bila dilihat persentasenya tidak terlalu menghawatirkan. Penelitian dianggap berhasil dengan menggunakan metode kerja kelompok dan penggunaan media interaktif.
Keberhasilan ini tentu saja merupakan sumbangsih yang sangat bermanfaat baik bagi siswa, guru dan lembaga itu sendiri. Semoga bermanfaat.
Sebagai contoh Laporan PKP UT dapat diunduh DISINI
Contoh filenya dapat diunduh disini
Penelitian ini sebagai refleksi awal dari kurangnya nilai yang diperoleh siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas empat dengan materi menentukan faktor persekutuan dua bilangan. Siswa banyak yang kurang memahami materi tersebut. Bahkan ada siswa yang sama sekali nilainya berada di bawah KKM. Sehingga setelah berdiskusi dengan teman sejawat, maka penulis memutuskan untuk mengadakan perbaikan pembelajaran untuk materi ini.
Setelah menentukan objek yang akan diteliti selanjutnya penulis berfikir kira-kira langkah apa yang tepat sebagai jawaban dari permasalahan yang terjadi terhadap mata pelajaran matematika tentang menentukan faktor persekutuan dua bilangan ini. Kemudian dengan berbagai pemetaan dan rencana tindakan pembelajaran serta pertimbangan yang sangat mudah untuk dipraktikan dalam proses pembelajaran akhirnya penulis mendapat langkah yang dianggap sangat tepat.
Laporan PKP UT akhirnya mulai penulis fokuskan dalam rumusan permasalahan, bahwa
Apakah penggunaan metode kerja kelompok dengan media interaktif dapat meningkatkan pencapaian ketuntasan belajar dan aktivitas diskusi siswa pada pembelajaran matematika topik menentukan faktor persekutuan dua bilangan kelas IV SD?
Dipilihnya metode kerja kelompok karena metode ini banyak sekali manfaatnya dan sangat mudah untuk dilakukan di dalam kelas terutama untuk menambah variasi belajar secara aktif. Dengan berdiskusi diharapkan siswa lebih bersemangat untuk belajar matematika dan tidak malu untuk bertanya. Disamping itu metode diskusi akan melatih siswa berpendapat secara bebas dan aktif dengan tetap berada di bawah bimbingan guru.
Metode Kerja Kelompok ini akan dipadu dengan media interaktif yang semakin menambah gairah belajar peserta didik di dalam kelas dalam pencapaian ketuntasan belajar dan aktivitas siswa dalam meraih prestasi lebih baik.
Kerja kelompok dan penggunaan media interaktif selanjutnya akan lakukan pada saat diskusi dengan pembagian kelompok kecil menjadi lima orang siswa setiap kelompoknya, diskusi diharapkan akan memperkuat karakteristik pembelajaran siswa dengan karakter bertanggungjawab, kepemimpinan, nilai kejujuran, relilgius yang lebih ditekankan untuk memperkuat karakter pembelajaran itu sendiri.
Laporan PKP UT mata pelajaran matematika tentang menentukan faktor persekutuan dua bilangan di kelas 4 ini dilakukan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Masing-masing sebagai bahan penguji apakah berhasil atau tidaknya setiap siklus ini ada lembar observasi.
Lembar observasi ini terdiri dari dua form yaitu untuk guru dan satu lagi untuk siswa. Dari lembar observasi nantinya akan dikaji dan dijadikan sebagai bahan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Apakah perlu diadakan tindakan selanjutnya yang muaranya pada perbaikan pembelajaran siklus selanjutnya. Dan setelah dilakukan observasi kemudian melakukan refleksi terhadap kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I ternyata untuk penelitian PKP ini hanya dilakukan dua siklus saja.
Hal ini berdasarkan hasil akhir siswa setelah diadakan perbaikan pembelajaran siklus II ternyata hampir 90% siswa mampu menguasai materi dengan perolehan nilai di atas KKM.
Walaupun masih ada kekurangan namun bila dilihat persentasenya tidak terlalu menghawatirkan. Penelitian dianggap berhasil dengan menggunakan metode kerja kelompok dan penggunaan media interaktif.
Keberhasilan ini tentu saja merupakan sumbangsih yang sangat bermanfaat baik bagi siswa, guru dan lembaga itu sendiri. Semoga bermanfaat.
Sebagai contoh Laporan PKP UT dapat diunduh DISINI