LAPORAN PTK IPA SD: METODE INKUIRI


LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA TOPIK ENERGI LISTRIK PADA SISWA KELAS VI
SDN SAKAWAYANA 02 KABUPATEN GARUT

 (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VI
SD Negeri Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut).






Oleh:
.................................................
NIP. ......................




SD NEGERI ........................
KECAMATAN MALANGBONG
KABUPATEN GARUT
JAWA BARAT
2011



PENGESAHAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TOPIK ENERGI LISTRIK MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI
SDN SAKAWAYANA 02 KABUPATEN GARUT
 (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Sakawayana 02
Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut)



Oleh
..................................
NIP. ....................................





Mengesahkan,


Pengawas TK/SD






..................................
NIP. ...........................

Kolaborator/ Wakil Kepala Sekolah,






.............................................
NIP. ...............................







UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TOPIK ENERGI LISTRIK MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VI

SDN SAKAWAYANA 02 KABUPATEN GARUT

(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut)

Oleh:
.....................................
NIP. .............................

ABSTRAK


 
UUSP No 20 Tahun 2003 mengamanatkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang terencana, ini artinya proses pendidikan di sekolah tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan dan untung-untungan, tetapi merupakan suatu proses yang harus dilakukan guru dan siswa untuk mencapai tujuan dan hasil belajar, baik tujuan kognitif, afektif, maupun psikomotor siswa.
Namun demikian masalah hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut belum menunjukkan hasil yang menggembirakan sesuai dengan harapan Undang-undang tersebut. Pencapaian hasil belajar yang tidak maksimal dalam pembelajaran IPA, salah satunya diakibatkan oleh ketidaktepatan dalam penggunaan pendekatan pembelajaran yang dipilih oleh guru. Salah satu pendekatan yang dapat dijadikan alternatif adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri.   Penelitian dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi di kelas yaitu hasil belajar siswa belum mencapai target yang diharapkan. Sebagai gambaran nilai IPA rata-rata tes harian semester I Tahun Pelajaran 2011-2012 pada siswa Kelas VI sekolah tersebut sebesar 5,7. Rendahnya hasil belajar siswa ini tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang diselenggarakan.  Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA topik energi listrik melalui pendekatan inkuiri. Pelaksanaan pembelajaran IPA topik energi listrik melalui pendekatan inkuiri, adalah dengan mengikuti lima tahapan siklus inkuiri, yaitu ask (bertanya), investegate (penyelidikan), create (menghasilkan), discuss (diskusi), dan reflect (refleksi).   Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan model penelitian tindakan kelas, dengan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar pre-tes/pos-tes dan lembar observasi guru/siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut yang berjumlah 24 siswa.  Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada topik energi listrik mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA topik energi listrik dengan menggunakan pendekatan inkuiri meningkat. Hal ini ditunjukan oleh perolehan nilai gain pada tiap siklus. Pada siklus I gain yang diperoleh adalah 15,21 pada siklus II gain yang diperoleh adalah 17,71 dan pada siklus III gain yang diproleh sebesar 16,66.


KATA PENGANTAR




Assalamu’alaikum wr.wbr.    
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahuwataala yang telah memberikan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini. Shalawat beserta salam senantiasa tercurah kepada nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya sampai kita semua.
Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis buat berdasarkan data-data yang penulis peroleh dari kegiatan penelitian yang dilaksanakan di SDN Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Untuk kesempatan ini penulis mengambil judul: “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Topik Energi Listrik melalui Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VI  SDN  Sakawayana 02 Kabupaten Garut” (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Sakawayana 02 Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut).
Kesan setelah penelitian yaitu adanya rasa antusias siswa dalam mengikuti kegiatan serta dukungan dari pihak sekolah, sehingga penelitian ini berhasil dengan baik dan mencapai target yang telah ditentukan.
Penulis menyadari sepenuhnya Penelitian Tindakan Kelas ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas pada masa yang akan datang sehingga dengan begitu Penelitian Tindakan Kelas ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum wr.wbr. 

Garut,      Juni 2011
Penulis



Selengkapnya format .doc. ada di CD/File, email ke:  ginacomp.74@gmail.com  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
1/30/2013 delete

ass buk bisa dikirm gak ke dprasyetia @ yahoo.com,.,.terima kasih ya buk

Reply
avatar
11/03/2015 delete

Ass bu. mohon dikirim ke E-mail : neo_vicky@yahoo.com
Atas bantuan Ibu saya ucapakan terimakasih

Reply
avatar