LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)
UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN
BERTANYA SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG
KECAMATAN MALANGBONG
Disusun Guna
Memenuhi Persyaratan Sertifikasi
Guru Dalam
Jabatan.
Oleh
SEKOLAH DASAR NEGERI SAKAWAYANA I
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN
MALANGBONG
GARUT
2012
LEMBARAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN
BERTANYA SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG
KECAMATAN MALANGBONG
Oleh
JUNAEDI, S.PdI
NIP. 131 237 214
Mengesahkan
Kepala SDN Malangbong I
A. Saepudin
NIP. 130 416 391
i
KATA PENGANTAR
Puji dan sykur penulis panjatkan ke
Hadirat Ilahi Robi atas segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan-Nya sehingga
penulis dapat mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan penelitian ini.
Karya tulis ini berjudul “Upaya Meneingkatkan
Keberanian Bertanya Siswa Kelas VI di SDN Malangbong - Garut “
Pada saat penyusunan karya tulis ini
penulis banyak menghadapi kesulitan dan hambatan.
Hal ini disebabkan oleh keterbatasan
pengetahuan dan pengalaman penulis. Namun berkat dorongan dan bantuan berbagai
pihak, kesulitan dan hambatan dapat penulis atasi. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini penulis sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada semua pihak terutama rekan-rekan seprofesi yang telah memberi masukan
dan bantuannya, semoga Alloh SWT membalasnya. Amin
Malangbong,
2012
Penulis,
ii
ABSTRAK
Judul Penelitian “Upaya Meningkatkan Keberanian
Bertanya Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoensia di SDN Malangbong –
Garut
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa
terlihat sangat pasif dalam mengikuti pelajaran. Cenderung tidak bernai untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru. Bahkan siswa tidak
berani mengajukan pertanyaan kepada guru.
Hasil identifikasi masalah dapat dirumuskan
sebagai berikut : (1) Bagaimana menjelaskan tokoh, watak, latar, tema atau amanat
dari cerita anak yang dibacakan. dengan indikator yang ingin dicapai, siswa
dapat menyebutkan dan menulis hal-hal yang penting atau pokok dari teksa yang
dibaca? (2) Bagaimana meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya atau
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru? (3) Bagaimana guru berlatih
meningkatkan kemampuan bertanya?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Secara
Kompetensi, diperolehnya pengalaman dan pengetahuan langsung sebagai upaya
peningkatan kemampuan (Kompetensi) professional guru dalam optimaliasi
pembelajaran di sekolah dasar (2) Secara Pragmatis, diperolehnya
pengalaman atau rambu-rambu pembelajaran untuk siswa kelas rendah SD mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini,
diawali dengan melakukan pengamatan terhadap penelitian pelaksanaan
pembelajaran di kelas, yang diamati atau dinilai oleh teman sejawat dengan
menggunakan lembar observasi. Selanjutnya dilakukan diskusi antara peneltian
dengan supervisor dan teman sejawat mengenai kekurangan dalam hal-hal lain yang
perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran tersebut. Hasil diskusi dalam
bentuk saran perbaikan pembelajaran yang didasarkan dari hasil lembar observasi
tersebut, menjadi acuan dalam melaksanakan program perbaikan pembelajaran
melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 3
siklus pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indoensia.
Hasil analisis data dapat diketahui terdapat
kemajuan belajar yang cukup signifikan. Sebagai gambaran tiap siklus
pembelajaran Bahasa Indoensia digambarkan.
Selengkapnya kirim email : ginacomp.74@gmail.com
3 komentar
komentarmakasi...atas Postinganx
ReplyMakasih kembali, semoga bermanfaat
ReplyMakasih juga
Reply