PTK Bahasa Indonesia Kelas 6 SD


LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)



UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG
KECAMATAN MALANGBONG



Disusun  Guna  Memenuhi Persyaratan Sertifikasi
Guru Dalam Jabatan.





Oleh





SEKOLAH DASAR NEGERI SAKAWAYANA I
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN MALANGBONG
GARUT
2012




LEMBARAN PENGESAHAN



LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
JUDUL

UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERTANYA SISWA KELAS VI SDN MALANGBONG
KECAMATAN MALANGBONG




Oleh
JUNAEDI, S.PdI
NIP. 131 237 214







Mengesahkan
Kepala SDN Malangbong I






A. Saepudin
NIP. 130 416 391





i


KATA PENGANTAR




Puji dan sykur penulis panjatkan ke Hadirat Ilahi Robi atas segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan penelitian ini.
Karya tulis ini berjudul “Upaya Meneingkatkan Keberanian Bertanya Siswa Kelas VI di SDN  Malangbong - Garut “

Penelitian  ini penulis susun dalam rangka memenuhi persyaratan sertifikasi guru dalam jabatan.
Pada saat penyusunan karya tulis ini penulis banyak menghadapi kesulitan dan hambatan.
Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis. Namun berkat dorongan dan bantuan berbagai pihak, kesulitan dan hambatan dapat penulis atasi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama rekan-rekan seprofesi yang telah memberi masukan dan bantuannya, semoga Alloh SWT membalasnya. Amin





Malangbong,  2012

Penulis,





ii


ABSTRAK

Judul Penelitian “Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoensia di SDN Malangbong – Garut
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa terlihat sangat pasif dalam mengikuti pelajaran. Cenderung tidak bernai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru. Bahkan siswa tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru.
Hasil identifikasi masalah dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana menjelaskan tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan. dengan indikator yang ingin dicapai, siswa dapat menyebutkan dan menulis hal-hal yang penting atau pokok dari teksa yang dibaca? (2) Bagaimana meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru? (3) Bagaimana guru berlatih meningkatkan kemampuan bertanya?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Secara Kompetensi, diperolehnya pengalaman dan pengetahuan langsung sebagai upaya peningkatan kemampuan (Kompetensi) professional guru dalam optimaliasi pembelajaran di sekolah dasar (2) Secara Pragmatis, diperolehnya pengalaman atau rambu-rambu pembelajaran untuk siswa kelas rendah SD mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini, diawali dengan melakukan pengamatan terhadap penelitian pelaksanaan pembelajaran di kelas, yang diamati atau dinilai oleh teman sejawat dengan menggunakan lembar observasi. Selanjutnya dilakukan diskusi antara peneltian dengan supervisor dan teman sejawat mengenai kekurangan dalam hal-hal lain yang perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran tersebut. Hasil diskusi dalam bentuk saran perbaikan pembelajaran yang didasarkan dari hasil lembar observasi tersebut, menjadi acuan dalam melaksanakan program perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 3 siklus pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indoensia.
Hasil analisis data dapat diketahui terdapat kemajuan belajar yang cukup signifikan. Sebagai gambaran tiap siklus pembelajaran Bahasa Indoensia digambarkan.

Selengkapnya kirim email : ginacomp.74@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar