Proposal PTK SD Metode Alat Peraga


  1. JUDUL
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI   MENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI MALANGBONG 5 DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

  1. LATAR BELAKANG MASALAH
Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah adalah motivasi belajar. Motivasi belajar yang tinggi berkorelasi dengan hasil belajar yang baik, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah ini. Jika motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan, maka dapat diharapkan bahwa prestasi belajar siswa juga akan meningkat.
Strategi meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA  sering menjadi masalah tersendiri bagi para guru karena terdapat banyak faktor - baik internal maupun eksternal - yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Guru menerapkan prinsip-prinsip motivasi belajar siswa dalam desain pembelajaran, yaitu ketika memilih strategi dan metode pembelajaran.  Pemilihan strategi dan metode tertentu ini akan berpengaruh pada motivasi belajar siswa.

Hal ini sejalan dengan pendapat Hudoyo (1988: 74) bahwa Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai peranan yang sangat esensial untuk ilmu lain, utamanya sains dan teknologi. Sehingga Ilmu Pengetahuan Alam menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.  Oleh karena itu, para siswa dituntut untuk untuk menguasai Ilmu Pengetahuan Alam. Bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam berfungsi untuk mengembangkan logika berfikir siswa dalam meningkatkan pemahaman  atau memecahkan masalah-masalah logis baik yang terkait dengan materi secara langsung atupun bidang studi lain yang mengandung unsur logika. Lebih jauh dari itu IPA juga harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan para siswa pada saat mereka bermain, jajan di warung, belanja kepasar dll.
Berdasarkan observasi awal dan pengamatan di Sekolah Dasar Kelas IV   ternyata masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Karena siswa banyak yang malu untuk bertanya kepada guru tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut. Sehingga kemampuan siswa dalam meningkatkan pemahaman  Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya  masih rendah, dilihat dari rata-rata nilai Ilmu Pengetahuan Alam yang diperoleh, selain itu, juga disebabkan karena kurangnya motivasi belajar dari siswa, siswa kurang tertib dalam proses pembelajaran, buku menjadi satu-satunya sumber belajar, dan karena siswa kurang memperoleh kesempatan untuk membentuk sendiri pengetahuannya.
Untuk itu perlu dicari pemecahan masalah dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat dengan tetap mempertimbangkan kondisi-kondisi dalam kelas. Semuanya dimaksudkan untuk memperoleh pendekatan pembelajaran yang tepat. Bagi seluruh siswa, oleh karena itu. Peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan dengan mencoba menerapkan Media Alat Peraga    utamanya untuk pokok bahasan Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya . Kadangkala seorang siswa lebih mudah menerima keterangan yang diberikan oleh kawannya karena tidak adanya rasa enggan atau malu untuk bertanya, penggunaan Media Alat Peraga    dalam meningkatkan pemahaman  Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya  merupakan salah satu pendekatan yang diharapkan dapat memberi peran aktif serta motivasi kepada siswa, agar mereka mempelajari dengan sungguh-sungguh materi yang diberikan, sehingga diharapkan dengan menggunakan Media Alat Peraga  ini, siswa lebih mudah menyerap materi yang diajarkan dan pada akhirnya siswa tidak mengalami banyak kesulitan dalam meningkatkan pemahaman  cerita Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Berdasrkan latar belakang di atas maka penulis mencoba mengadakan Penelitian Tindakan Kelas.
Adapun judul dari penelitian ini adalah “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI MENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI MALANGBONG 5 DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA
  1. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan Media Alat Peraga dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV SD Negeri Malangbong 5 dalam meningkatkan pemahaman  Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya ?

  1. TUJUAN PENELITIAN
Manurut Sandjaya (2000.14) berpendapat “Tujuan Penelitian tidak lain untuk menemukan atau mengembangkan teori-teori dan kosep baru tentang pendidikan, atau juga untuk membuktikan, memperbaiki yang sudah ada ”
Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai adalah :
1.    Untuk memperoleh kompetensi siswa dengan menggunakan Media Alat Peraga  pada pembelajaran IPA  tentang Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

  1. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang diharapkan dari penelitian adalah :
1.           Bagi Siswa
a.       Dapat memberikan pengalaman konkrit dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
b.      Dapat melatih keberanian, keterampilan, dan percaya diri pada saat melaksanakan pembelajaran.
c.       Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
2.           Bagi Guru
a.       Dapat memberikan pengalaman dalam menentukan solusi permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
b.      Dapat mengembangkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
c.       Dapat memilih metode yang tepat dalam pembelajaran.
3.           Bagi Sekolah
Menciptakan lulusan yang berkualitas.

  1. LANDASAN TEORI
1.      Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Definisi
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Karakteristik
1.      An inquiry of uraelice from within (penilaian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya).
2.      Self refeetice inquiry (metode utama adalah refleksi diri, bersifat agak longgar. tetapi mengikat kaidah-kaidah peneliti.
3.      Fokus peneliti berupa kegiatan pembelajaran
4.      Tujuannya memperbaiki pembelajaran.

2.      Belajar dan Pembelajaran
a.      Pengertian belajar
1.      Banyak pengertian belajar yang dikemukakan oleh para ahli untuk diambil maknanya.
      Teori belajar menurut Ilmu Jiwa Daya ialah manusia terdiri dari macam-macam daya, masing-masing daya dapat dilatih dalam rangka memenuhi fungsinya.
2.      Teori belajar menurut teori Ilmu Jiwa Gestalt ialah belajar merupakan perubahan, tingkah laku dan pribadi secara keseluruhan. Dari aliran ada dua teori belajar yakni conektionisme dan conditioning.
b.      Pengertian pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu proses pengorganisasian kegiatan belajar.
Pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi yang konduktif dalam arti membangkitkan kegiatan belajar yang efektif di kalangan siswa.

3.      Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun secara terbimbing. Hal ini sejalan dengan kurikulum KTSP (Depdiknas, 2006) bahwa “IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsipsaja tetapi juga 


Selengkapnya email ke ginacomp.74@gmail.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »