PROPOSAL PTK BAHASA INDONESIA


  1. JUDUL
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENGISI FORMULIR DAFTAR RIWAYAT HIDUP DENGAN BENAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA”

  1. LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini Pemerintah sedang melaksanakan pembangunan di segala bidang. Salah satunya adalah membangun kualitas sumber daya manusia dengan melaksanakan sistem penidikan nasional. Sasaran utama sistem pendidikan nasional adalah terciptanya pemerataan dalam memperolah pendidikan di seluruh pelosok tanah air, sehingga diperoleh manusia yang berpendidikan dan mempunyai kualitas serta dapat mewujudkan cita-citanya, Bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini srjalan dengan pendapat Hudoyo (1988: 74) bahwa Bahasa Indonesia mempunyai peranan yang sangat esensial untuk ilmu lain, utamanya sains dan teknologi. Sehingga Bahasa Indonesia menjadi sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.  Oleh karena itu, para siswa dituntut untuk untuk menguasai Bahasa Indonesia. Bidang studi Bahasa Indonesia berfungsi untuk mengembangkan logika berfikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal atau memecahkan masalah-masalah logis baik yang terkait dengan materi secara langsung atupun bidang studi lain yang mengandung unsur logika. Lebih jauh dari itu matrmatika juga harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan para siswa pada saat mereka bermain, jajan di warung, belanja kepasar dll.

Berdasarkan observasi awal dan pengamjatan di Sekolah Dasar kelas VI ternyata masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi bilangan pecahan. Karena siswa banyak yang malu untuk bertanya kepada guru tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut. Sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan masih rendah, dilihat dari rata-rata nilai Bahasa Indonesia yang diperoleh, selain itu, juga disebabkan karena kurangnya motivasi belajar dari siswa, siswa kurang tertib dalam proses pembelajaran, buku menjadi satu-satunya sumber belajar, dan karena siswa kurang memperoleh kesempatan untuk membentuk sendiri pengetahuannya.
Untuk itu perlu dicari pemecahan masalah dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat dengan tetap mempertimbangkan kondisi-kondisi dalam kelas. Semuanya dimaksudkan untuk memperoleh pendekatan pembelajaran yang tepat. Bagi seluruh siswa, oleh karena itu. Peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan dengan mencoba menerapkan pendekatan tutor sebaya utamanya untuk pokok bahasan operasi bilangan pecahan. Kadangkala seorang siswa lebih mudah menerima keterangan yang diberikan oleh kawannya karena tidak adanya rasa senggan atau malu untuk bertanya, penggunaan pendekatan tutor sebaya dalam menyelesaikan soal-soal cerita penjumlahan bilangan pecahan merupakan salah satu pendekatan yang diharapkan dapat memberi peran aktif serta motivasi kepada siswa, agar mereka mempelajari dengan sungguh-sungguh materi yang diberikan, sehingga diharapkan dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya ini, siswa lebih mudah menyerap materi yang diajarkan dan pada akhirnya siswa tidak mengalami banyak kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan. Berdasrkan latar belakang di atas maka penulis mencoba mengadakan Penelitian Tindakan Kelas.
Adapun judul dari penelitian ini adalah “MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENGISI FORMULIR DAFTAR RIWAYAT HIDUP DENGAN BENAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA”

  1. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan pendekatan tutotr sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas VI SD Negeri Mekarasih 01 dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi hitung bilangan pecahan?

  1. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan permasalahan di atas, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas VI SDN Mekarasih 01 dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi hitung bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya.

  1. MANFAAT PENELITIAN
Hasil dari penelitian rindakan kelas ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Bagi Siswa
Dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi hitung bilangan pecahan
2.      Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya penelitian rindakan kelas ini guru dapat mengetahui pendekatan pembelajaran yang dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas.
3.      Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »