- JUDUL
“MENINGKATKAN
KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENGISI FORMULIR DAFTAR RIWAYAT HIDUP DENGAN BENAR
PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN
TUTOR SEBAYA”
- LATAR BELAKANG MASALAH
Dewasa ini
Pemerintah sedang melaksanakan pembangunan di segala bidang. Salah satunya
adalah membangun kualitas sumber daya manusia dengan melaksanakan sistem
penidikan nasional. Sasaran utama sistem pendidikan nasional adalah terciptanya
pemerataan dalam memperolah pendidikan di seluruh pelosok tanah air, sehingga
diperoleh manusia yang berpendidikan dan mempunyai kualitas serta dapat
mewujudkan cita-citanya, Bahasa Indonesia sebagai salah satu cabang ilmu
pengetahuan dan teknologi. Hal ini srjalan dengan pendapat Hudoyo (1988: 74)
bahwa Bahasa Indonesia mempunyai peranan yang sangat esensial untuk ilmu lain,
utamanya sains dan teknologi. Sehingga Bahasa Indonesia menjadi sangat penting
dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
Oleh karena itu, para siswa dituntut untuk untuk menguasai Bahasa
Indonesia. Bidang studi Bahasa Indonesia berfungsi untuk mengembangkan logika
berfikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal atau memecahkan masalah-masalah
logis baik yang terkait dengan materi secara langsung atupun bidang studi lain
yang mengandung unsur logika. Lebih jauh dari itu matrmatika juga harus mampu
menyelesaikan permasalahan-permasalahan para siswa pada saat mereka bermain,
jajan di warung, belanja kepasar dll.
Berdasarkan observasi
awal dan pengamjatan di Sekolah Dasar kelas VI ternyata masih banyak siswa yang
mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi bilangan pecahan. Karena
siswa banyak yang malu untuk bertanya kepada guru tentang masalah-masalah yang
dihadapi oleh siswa tersebut. Sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan
soal-soal cerita operasi bilangan pecahan masih rendah, dilihat dari rata-rata
nilai Bahasa Indonesia yang diperoleh, selain itu, juga disebabkan karena
kurangnya motivasi belajar dari siswa, siswa kurang tertib dalam proses
pembelajaran, buku menjadi satu-satunya sumber belajar, dan karena siswa kurang
memperoleh kesempatan untuk membentuk sendiri pengetahuannya.
Untuk itu perlu
dicari pemecahan masalah dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat
dengan tetap mempertimbangkan kondisi-kondisi dalam kelas. Semuanya dimaksudkan
untuk memperoleh pendekatan pembelajaran yang tepat. Bagi seluruh siswa, oleh
karena itu. Peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan dengan mencoba
menerapkan pendekatan tutor sebaya utamanya untuk pokok bahasan operasi
bilangan pecahan. Kadangkala seorang siswa lebih mudah menerima keterangan yang
diberikan oleh kawannya karena tidak adanya rasa senggan atau malu untuk
bertanya, penggunaan pendekatan tutor sebaya dalam menyelesaikan soal-soal
cerita penjumlahan bilangan pecahan merupakan salah satu pendekatan yang
diharapkan dapat memberi peran aktif serta motivasi kepada siswa, agar mereka
mempelajari dengan sungguh-sungguh materi yang diberikan, sehingga diharapkan dengan
menggunakan pendekatan tutor sebaya ini, siswa lebih mudah menyerap materi yang
diajarkan dan pada akhirnya siswa tidak mengalami banyak kesulitan dalam
menyelesaikan soal-soal cerita operasi bilangan pecahan. Berdasrkan latar
belakang di atas maka penulis mencoba mengadakan Penelitian Tindakan Kelas.
Adapun judul dari
penelitian ini adalah “MENINGKATKAN
KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI MENGISI FORMULIR DAFTAR RIWAYAT HIDUP DENGAN BENAR
PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN
TUTOR SEBAYA”
- PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar
belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah “Apakah
dengan menggunakan pendekatan tutotr sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas
VI SD Negeri Mekarasih 01 dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi hitung bilangan
pecahan?
- TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan
permasalahan di atas, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan siswa Kelas VI SDN Mekarasih 01 dalam menyelesaikan
soal-soal cerita operasi hitung bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan
tutor sebaya.
- MANFAAT PENELITIAN
Hasil dari
penelitian rindakan kelas ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Bagi Siswa
Dapat meningkatkan pemahaman siswa
dalam menyelesaikan soal-soal cerita operasi hitung bilangan pecahan
2. Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya penelitian
rindakan kelas ini guru dapat mengetahui pendekatan pembelajaran yang dapat
memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas.
3. Bagi Sekolah
Hasil penelitian ini akan memberikan
sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran.