STRATEGI PEMBELAJARAN TK DAN PAUD

 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa proses satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta  memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa.
A. Pengertian
Ada beberapa macam strategi pembelajaran yang harus dipilih oleh guru TK, pemilihan strategi pembelajaran hendaknya mempertimbangkan beberapa faktor penting yaitu:
a.       Karakteristik tujuan pembelajaran
b.      Karakteristik anak dan cara belajarnya
c.       Tempat berlangsungnya kegiatan belajar’
d.      Tema pembelajaran
e.       Pola kegiatan (Masitoh, dkk. 2005:63)

B. Strategi Pembelajaran Kelompok
Strateghi pembelajaran kelompok atau cooperatif learning m erupakan pembelajaran yang berupaya membantu peserta didik untuk mempelajari peserta didik untuk mempelajari belajar dan berbagai keterampilan guna mencapai sasaran serta tujuan sosial dan hubungan dengan orang lain.
Landasan teoritik dan strategi pembelajaran kelompok adalah mengacu pada teori John Dewey yang menyatakan bahwa kelas seharusnya mencerminkan masyarakat yang lebih luas dan menjadi laboratorium bagi pembelajaran kehidupan nyata.
Prinsip dasar dalam pembelajaran kelompok adalah peserta didik bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan belajar.
Tahap atau langkah dalam pembelajaran kelompok
1.      Pelajar dimulai dengan guru membahas tujuan-tujuan pelajaran dan membangkitkan motivasi belajar.
2.      Tahap selanjutnya adalah presentasi informasi dalam bentuk teks atau ceramah.
3.      Peserta didik diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok belajar.
4.      Peserta didik dibantu guru bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan tugas
5.      Anak tidak diharuskan menyelesaikan tugas semua kelompok, namun anak dapat berpindah kegiatan ke kelompok lain. Apabila ada tempat kosong di kelompok tersebut.
6.      Presentasi hasil akhir kelompok atau menguji segala yang telah dipelajari siswa.
7.      Memberi pengakuan pada usaha kelompok maupun individu.

C.    Strategi Pembelajaran Berdasarkan Minat.
Adalah strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih atau melakukan kegiatan sendiri sesuai dengan minatnya.
Prinsip dalam strategi pembelajaran berdasarkan minat:
1.      Pengalaman belajar bagi setiap anak secara individual
2.      Membantu anak untuk membuat pilihan-pilihan melalui kegiatan dan pusat-pusat kegiatan
3.      Melibatkan peran serta keluarga.

D.    Strategi Pembelajaran BCCT
BCCT adalah satu produk dari strategi pembelajaran berdasarkan minat.
Konsep pendekatan BCCT melalui 3 jenis main yaitu:
a.       Main Sensorimotor
-          Anak belajar melalui panca indra dan hubungan fisik dengan lingkungan.
-          Dengan menyediakan kesempatan untuk berhubungan dengan bermacam-macam bahan dan alat permainan di dalam dan ruang ruangan.
b.      Main peran, atau Simbolik, main pura-pura, fantasi, imajinasi atau main drama untuk perkembangan kagnis, sosial dan emosi, anak.
1.      Main peran makro. Anak berperan sesungguhnya dan menjadi seseorang atau sesuatu.
2.      Main peran mikro, anak memegang atau menggerak-gerak benda-benda berukuran kecil untuk menyusun adegan.

c.       Main pembangunan
-          Main pembangunan bahan sifat cari/bahan alam
-          Main pembangunan terstruktur.

E.     Pendekatan Pembelajaran Proyek
Prinsip pendekatan proyek antara lain:
a.       Pengetahuan (knowledge)
Fakta-fakta, informasi, cerita, konsep dan banyak unsur dari pikiran.
b.      Keterampilan (skills)
Keterampilan berbeda dengan pengetahuan-pengetahuan h arus dapat menjadi  keterampilan.
c.       Disposit (disposition)
-          Bahaan dari lahir untuk memakna pengalaman
-          Tidak bisa diajarkan melalui instruksi
-          Harus diwujudkan dalam tingkah laku, diekspresikan dan digunakan
-          Disposisi yang hilang, tidak akan bisa  kembali lagi.
d.      Perasaan (feelings)
-          Dipelajari melalui pengalaman
-          Tidak dapat dipelajari melalui instruksi, perasaan atau doktrinasi
-          Memberi kesempatan untuk terlibat aktif menentukan pilihan dan mengambil keputusan.

F.     Strategi Pembelajaran Umum di TK
Jenis-jenis strategi pembelajaran umum tersebut adalah
1.      Melibatkan keterlibatan indra
2.      Memperisapkan isyarat lingkungan
3.      Analisis tugas
4.      Scaffoiding
5.      Praktik terbimbing
6.      Undangan/ajakan
7.      Refleksi tingkah laku/tindakan
8.      Refleksi kata-kata
9.      Contoh atau modeling
10.  Penghargaan efektif
11.  Menceritakan/menjelaskan/menginformasikan
12.  Do-it signal
13.  Tantangan
14.  Pertanyaan
15.  Kesenyapan

G.    Metode Pembelajaran Plan Do Review
a.       Peran Guru
1.      Motivator, memberikan dorongan kita memotivasi anak untuk melakukan kegiatan.
2.      Fasilitator, memberikan kemudahan bagi anak untuk belajar
3.      Pembimbinga yang akan membimbing dan memberikan bagi anak
4.      Evaluator membeirkan penelitian sejauh mana keberhasilan anak dalam melakukan kegiatannya.
Tahap kegiatan dibagi menjadi 3
1.      Tahap merencanakan (planning time)
2.      Tahap bekerja (work time)
3.      Tahap recall

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »