PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
I.
JUDUL
PENGGUNAAN TEHNIK PEMBERIAN TUGAS
PEKERJAAN RUMAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP PADA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BAGI
SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI CISITU 02
II.
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pendidikan adalah
investasi jangka panjang yang memperlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal
ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya.
Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam
perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan
bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa
pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan
dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup
besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika (
permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini
setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata
rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Terkait dengan mutu
pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah
Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa
kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS )
dengan nilai masing – masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para
pendidik bahkan oleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya
tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat
kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya
dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas berupa kepada siswa. Dengan
pemberian pekerjaan rumah kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan
aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan dan penguatan terhadap
meteri yang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil
belajar atau prestasi siswa.
III.
PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang permasalahan sebagaimana tersebut didepan, maka rumusan permasalahan
yang diajukan dalam proposal ini adalah :
Apakah melalui tehnik pemberian tugas
pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam bagi siswa
Kelas III Sekolah Dasar Negeri Cisitu 02 ?
2. Pemecahan Masalah
Siswa yang mendapatkan
perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang
berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual
sekaligus dengan diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar
di sekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan
kertramilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang
dipelajarinya. Dengan pemberian PR secara rutin dan terorganisir dengan baik
paling tidak akan mampu mengkondisikan dalam bentuk motifasi ekstinsik bagi
siswa itu sendiri.
Moh. Uzer ( 1996:29)
menjelaskan “Motivasi ekstrinsik timbul sebagai akibat pengaruh dari luar
individu, apakah karena adanya ajakan, atau paksaan orang lain sehingga dengan
kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar, misalnya
seseorang mau belajar karena ia disuruh orang tua untuk mendapatkan peringkat
pertama.”
Demikian halnya dengan
guru memberikan PR dengan harapan baik itu dirasa memaksa bagi siswa atau itu
karena disuruh sebagai tugas dengan perasaan terpaksa, yang jelas
mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan pola demikian tentunya anak yang
lebih banyak belajar dirumah akan lebih baik misalnya dalam mata pelajaran yang
dikerjakan..
a.
Hipotensis
Hipotensisi yang diajukan
dalam proposal penelitian ini adalah :
“ Melalui tehnik pemberian tugas
pekerjaan rumah dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam bagi
siswa Kelas III SDN Cisitu 02”
IV.
TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari
penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar
di rumah.
2. Tujuan Khusus
Adapaun tujuan khusus dari penelitian
ini :
“Untuk mengetahui apakah melalui
pemberian pekerjaan rumah dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan
Alam bagi siswa Kelas III SDN Cisitu 02.”
V.
MANFAAT HASIL PENELITIAN
Penelitian ini
diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a.
SDN Cisitu 02
Dengan hasil penelitian ini diharapkan
SD Negeri Cisitu 02 dapat lebih meningkatkan pemberdayaan pemberian pekerjaan
rumah agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan
pada pelajaran lain.
b.
Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam
meningkatkan mutu pendidikan di kelasnya.
c.
Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk
memanfaatkan pekerjaan rumah dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya.
VI.
KAJIAN PUSTAKA
1. Proses Belajar Mengajar Ilmu
Pengetahuan Alam
Proses belajar mengajar pada dasarnya adalah interaksi atau hubungan
antara siswa dengan guru dan antara sesama siswa dalam proses pembelajaran,
interaksi dalam proses belajar mengajar mempunyai arti luas. Tidak sekedar
hubungan antara guru dengan siswa tetapi juga interaksi edukatif, dalam hal ini
bukan hanya menyampaikan pesan berupa mata pelajaran, melainkan juga nilai dan
sikap pada diri siswa yang sedang belajar. Proses belajar mengajar Ilmu
Pengetahuan Alam merupakan suatu kegiatan yang mengandung serangkaian persiapan
guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi
edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Selengkapnya email ke : ginacomp@gmail.com